cover
Contact Name
Prananda Anugrah
Contact Email
jurnalbelantika@gmail.com
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
jurnalbelantika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembawan 2, 4B/23 Sawojajar 2 Malang, Jawa Timur-65145, Indonesia
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Belantika Pendidikan
Published by Kayon Media
ISSN : -     EISSN : 27209601     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Research topics of interest include, but are not limited to: Educational Technology Educational Management Gudance and Counseling Non Formal Education Indonesian Language Education English Language Education Biology Education Mathematics Education Chemistry Education Geography Education Vocational Education Economics Education Primary Education Physics Education Business and Management Education Sport Education Language Teaching Arabic Language Teaching Fine Art Teaching Accounting Economics Sciences History Education Civic (law, constitution) Education Education in general
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020)" : 5 Documents clear
Pengembangan Bahan Ajar Data Mining Menggunakan Four-D Model dalam Kerangka Kerja CDIO Nurroby Wahyu Saputra; Aji Prasetya Wibawa; Utomo Pujianto; Prananda Anugrah
Belantika Pendidikan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i2.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang dan mengembangkan, serta menyebarluaskan bahan ajar yang sesuai dengan mata kuliah data mining. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Dengan menggunakan model pengembangan 4D (four-D model) dengan tahapan Define, Design, Develop, Disseminate yang di­anggap mampu mancapai tujuan tersebut. Sementara dalam pengemba­ngan bahan ajar ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah CDIO. Dengan model pembelajaran ini diharapkan mahasiswa lebih memahami materi yang disampaikan serta kecakapan yang sesuai dengan dunia kerja.  Dalam penelitian pengembangan ini produk telah  dirancang  dan dikem­bang­kan hingga mendapat nilai presentase validasi sebesar 85,375% se­hingga produk ini dikategorikan sangat layak dan dapat disebarluaskan
Implementasi Model MPI untuk Pengembangan Modul Mata Kuliah Analisis dan Desain Sistem Informasi di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM Muhammad Aditya; Slamet Wibawanto; Gunawan Gunawan
Belantika Pendidikan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i2.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul cetak pada mata kuliah ADSI di S1 Pendidikan Teknik Informatika UM dengan menerapkan kompetensi berdasarkan kurikulum Pendidikan Teknik Informatika UM tahun 2019. Pengembangan bahan ajar modul cetak dirasa tepat karena sesuai dengan karakterisik mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ADSI. Model penelitian dan pengembangan yang diterapkan adalah Model Pengembangan Instruksional (MPI). Model ini dipilih karena langkah pengembangannya lengkap namun fokus untuk mengembangkan bahan ajar hingga siap digunakan. Selain itu, model ini dipilih karena menyediakan rancangan urutan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah ADSI. Teknik analisis  data  dilakukan  dengan  menggunakan teknik deskriptif  kuantitatif. Hasil menunjukkan secara keseluruhan produk bahan ajar modul cetak yang dikembangkan mendapatkan persentase 88,15%, yang berarti sangat valid, atau sudah dapat digunakan
Pengembangan Modul Sosioteknologi Informatika Berbasis CDIO Akhimullah Akmal Fattah; Aji Prasetya Wibawa; Muhammad Iqbal Akbar; Roni Herdianto
Belantika Pendidikan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i2.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji tingkat kevalidan modul Sosioteknologi. Metode pengembangan yang dipilih untuk mengembangkan adalah metode pengembangan 4D (Four-D) dengan 4 tahapan langkah yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penye­baran). Data yang diperoleh dari uji kelayakan berupa data kuantitatif yang diambil melalui media angket dengan skala liker 1-4 dan diperoleh hasil 2,99 yang jika dikonversikan ke dalam persentase bernilai 74,75% yang berarti hasil mencapai nilai kelayakan yang cukup. Pengumpulan da­ta dilakukan dengan cara memberikan angket tanggapan yang akan diisi oleh para ahli dari Jurusan elektro Universitas Negeri Malang yang ahli dalam bidang mata kuliah Sosioteknologi Informatika yang digunakan untuk melihat hasil kelayakan dari pengembangan modul.
Blended Learning Kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan Mahasiswa di SMK Mifta Dewayani; Aji Prasetya Wibawa; Yongen Susman
Belantika Pendidikan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i2.86

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) adalah melatih kemampuan mahasiswa dalam mengajar yang secara langsung terjun di ruang lingkup pendidikan sesuai dengan program studi masing-masing. Model yang digunakan dalam pembelajaran menggunakan model Blended Learning , yaitu menggabungkan pembelajaran secara tatap muka dan daring. Kendala yang dialami antara lain sulitnya melakukan pengawasan kepada siswa saat pembelajaran daring dan kurangnya alokasi waktu yang diberikan pada saat pembelajaran tatap muka dilakukan, mengingat pembelajaran dilakukan saat adanya  pandemi Covid-19. Kesim­pulan yang dapat ditarik adalah KPL berjalan dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam menjalan­kan peran menjadi guru, sehingga mahasiswa dapat belajar mengatasi per­masalahan yang dihadapi selama memberikan pelajaran
Pengembangan Sistem Kuis Algoritma Pemrograman Berbasis Web Novian Dwi syahrizal Hilmi; Harits Ar Rosyid
Belantika Pendidikan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Kayon Media

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47213/bp.v3i2.87

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem kuis algoritma pemrograman berbasis web dan mengetahui validitas sistem kuis algoritma pemrograman berbasis web. Berdasarkan hasil pengamatan pada mahasiswa, ditemukan fakta yang menunjukkan per­masalahan pada pemahaman untuk menyelesaikan permasalahan dalam pe­mrograman komputer. Informasi didapatkan dengan menye­barkan kuesi­oner pada mahasiswa. Dari informasi tersebut, didapatkan data bahwa al­go­ritma merupakan materi pada pemrograman yang paling pen­ting. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian kelayakan sistem kuis algoritma pemro­graman oleh ahli media mendapatkan perolehan data sebesar 85,71% pada aspek penggunaan, 85% pada aspek desain, dan 85% pada aspek fungsi. Dengan rata-rata perolehan data sebesar 85,29%. Dari hasil penelitian ter­sebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem kuis algoritma pemrograman yang telah dikembangkan sudah layak digunakan dengan revisi kecil.

Page 1 of 1 | Total Record : 5